Cara Kerja Virus Menurut Jenisnya

Cara Kerja Virus Menurut Jenisnya

Minggu 23 Oktoer 2016




Kali ini Admin akan membahas mengenai cara kerja virus menurus jenisnya.Karena Virus merupakan suatu program komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak file atau merusak sistem komputer kita.Sebagaimana yang kita kenak Virus memiliki berbagai jenis dan memiliki cara kerja yang berbeda-beda,berikut adalah jenis-jenis Virus dan  cara kerjanya masing-masing berikut ini adalah rincian cara kerja Virus di komputer maupun server:

1.Virus File


Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer kita.Saat aplikasi yang terinfeksi dijalankan,maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.


2. Virus Boot Sector


Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi boot sector harddisk(boot sector merupakan sebuah daerah dalam harddisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan).Jika virus boot sector ini aktiv,pengguna tidak akan bisa memooting komputernya secara normal.


3. Virus E-mail


Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menyebar melalui E-mail(biasanta dalam bentuk file lampiran/attachment).Virus memiliki ciri khusus berupa ekstensi.scr, exe, pif, atau .bat.Apabila virus ini aktiv,maka dia akan mengirim dirinya sendiri ke berbagai alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna.


4. Virus Multipartite


Virus ini mempunyai cara kerja yang unik yaitu virus ini dapat mengubah kode dirinya(berganti wujud)saat menyebarkan dirinya ke komputer lain.Virus jenis ini lebih sulit dideteksi karena mempunyai sifat seperti itu.


6. Virus Siluman (Stealth virus)


Virus ini mempunyai cara kerja yaitu dia mampu menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.


7. Virus Makro

Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Exel.Biasanya dokumen yang terinfeksi oleh virus makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah "Save" untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.


Gimana uda tahukan cara kerja virus menurut jenisnya, kalau di komputer kita terdapat tanda seperti yang telah kita bicarakan segera lakukan perbaikan(cari dan scan) secepatnya,sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.Masih ingat kan kata Dokter ? Mencegah lebih baik dari pada mengobati,Terima kasih telah berkunung dan semoga bermanfaat.


TehnikComputer.com

Adalah suatu wadah untuk mempermudah setiap orang yang ingin belejar mengenai hal-hal baru, berbagai pengetahuan dan bersosialisasi dengan teman- teman baru.Segala Materi Bebas Untuk Di Sebarluaskan, Selama Tetap Memperhatikan Sumber Aslinya Dan Tetap Memperhatikan Etika Penulisan.Selamat bergabung di TehnikComputer.com


Bagikan Artikel Ini: