Perangkat Keras Computer

Perangkat Keras Computer

Minggu 23 Oktoer 2016




Komputer merupakan sebuah mesin yang bekerja untuk memproses, menyimpan serta mendapatkan data.Data-data tersebut berupa angka, karakter, titik warna, gelombang bunyi atau suatu kondisi sebuah sistem, seperti pendingin atau CD player.Semua data disimpan dalam bentuk angka-angka.


Angka tersebut dalam bentuk bilangan biner yang diwakili oleh angka 1 dan 0 yang sering disebut BIT.Supaya mudah dalam mengingatnya, maka komputer mengelompokkan data biner tersebut menjadi Nible, Byte dan Word.Dengan mengelompokkan tersebut, selain mudah di ingat, juga akan memudahkan pengguna dalam menuliskan sebuah program berupa kodde yang dimengerti oleh mesin, merancang sebuah struktur data dan algoritma yang komplek. Komputer memanipulasi data dengan melakukan operasi, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian.Hasil manipulasi angka tersebut ditujukan dalam bentuk gambar pada monitor serta deretan angka-angka pada memori video, dimana masing-masing atau sejumlah angka akan mewakili suatu pixsel warna.


Untuk memainkan sebuah MP3, komputer akan membaca deretan angka-angka dari disk dan memindahkannya kedalam memori.Selanjutnya komputer mengerakkan angka-angka tersebut untuk dikonversi menjadi audio yang di tempatkan tersebut akan dikirim ke chip audio.Semua hal yang dikerjakan oleh komputer, mulai dari web browsing sampai mencetak, melibatkan perpindahan dan pemrosesan angka.Secara elektronis komputer tak lain hanya suatu sistem atau benda yang hanya dirancang untuk menyimpan, dan memindahkan, menggerakkan, serta merubah angka-angka.



Komputer terdiri dari beberapa komponen, yang secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu : Berupa perangkat keras dan perangkat lunak. Komponen utama pada pada perangkat keras, terletak pada pusat komputer adalah Prosesor, prosesor ini berfungsi mengekskusi program komputer.Selain prosesor, komputer juga mempunyai memori.Dalam sebuah komputer biasanya terdapat beberapa memori yang berbeda-beda.Memori ini digunakan untuk menyimpan program ketika prosesor sedang bekerja.Komputer juga mempunyai piranti untuk menyimpan dan mempertukarkan data dengan dunia luar atau yang sering disebut I/O.


Piranti I/O akan mempertukarkan data, seperti : masukan teks melalui keyboard serta mendisplaykannya pada layar monitor.I/O juga digunakan untuk memindahkan data maupun program ke atau dari suatu disk drive, modem, printer, mouse dan lain-lain.



Perangkat lunak mengendalikan fungsi dan operassi sebuah komputer.Ada beberapa lapisan (Layer) perangkat lunak yang digunakan di dalam komputer.Secara umum lapisan akan saling berhubungan dengan layer diatas atau dibawahnya.

Disini gambar lapisan perangkat lunak

Pada perangkat lunak tingkatan yang paling rendah, perangkat lunak dijalankan oleh prosesor ketika komputer pertama kali dihidupkan.Perangkat lunak ini melakukan inisialisasi perangkat keras sistem tersebut untuk mengetahui kondisi dan mengatur pada operasi yang benar.Perangkat lunak ini bersifat permanen dan disimpan dalam memori komputer.Perangkat lunak inilah yang dikenal sebagai firmware. Firmware digunakan untuk meletakkan program bootloader.Bootloader adalah sebuah program khusus dan dijalankan oleh prosesor ketika membaca sistem operasi dari disk atau memori nonvolatile yang kemudian menempatkannya di dalam memori.Bootloader biasanya dimiliki komputer desktop dan workstation.


Lapisan perangkat lunak diatas firmware, adalah sistem operasi.Perangkat lunak ini berfungsi mengendalikan sistem operasi komputer, mengorganisir penggunaan memori dan mengendalikan peralatan seperti keyboard, mouse, monitor, disk drive dan yang lainnya.Sistem operasi juga memberikan fasilitas kepada user untuk melakukan antar muka dengan piranti lain, menjalankan program aplikasi dan mengakses file memori luar seperti Compact Disk (CD).Sistem operasi, secara umum menyediakan satu set tool untuk program aplikasi, melakukan suatu mekanisme pengaksesan monitor, disk drive dan seterusnya.Kenyataan dilapangan sebuah komputer tidak semua menggunakan sistem operasi. Sering juga komputer bersifat sederhana dan langsung menjalankan tugasnya.Pada permasalahan tertentu, seperti router jaringan, perangkat lunaknya terintegrasi dan sangat sederhana proses pengembangan.


Perangkat lunak pada lapisan yang paling tinggi adalah perangkat lunak aplikasi yang merupakan program yang langsung berhubungan dengan kemampuan sebuah komputer.Kemampuan sebuah komputer sangat tergantung pada aplikasi perangkat lunak sistem.Gimana sobat sudah paham kan apa itu Perangkat Keras Computer, kalu sudah kita lanjut ke artikel berikutnya deh yaitu : Arsitektur Komputer, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat buat sobat semua.



TehnikComputer.com

Adalah suatu wadah untuk mempermudah setiap orang yang ingin belejar mengenai hal-hal baru, berbagai pengetahuan dan bersosialisasi dengan teman- teman baru.Segala Materi Bebas Untuk Di Sebarluaskan, Selama Tetap Memperhatikan Sumber Aslinya Dan Tetap Memperhatikan Etika Penulisan.Selamat bergabung di TehnikComputer.com


Bagikan Artikel Ini: