Random Accses Memory (RAM)

Random Accses Memory (RAM)

Minggu 23 Oktoer 2016



Hai..., jumpa lagi!! posting kali ini saya akan membahas tentang pengertian tentang RAM komputer, seperti apa dan apakah RAM itu berikut bahasannya :


Ram adalah memori yang dapat diakses secara acak.Nama ini sebenarnya kurang tepat, karena kebanyakan memori komputer dapat diproses secara akses acak.RAM menjadi memori aktif didalam sistem komputer, dimana CPU dapat dengan mudah menulis data pada memori jenis ini.Data pada memori RAM mudah hilang, jika aliran listriknya terputus informasi apapun yang disimpan didalam RAM harus ditahan atau harus ditulis kembali setiap beberapa waktu tertentu, walaupun ada RAM Nonvolatile khusus yag mengintegrasikan battrey backup pada sistem.


RAM dapat dikategorikan menjadi dua yaitu RAM statis yang sering kenal sebagai SRAM dan RAM dinamik yng sering dikenal sebagai DRAM.RAM statis menggunakan gerbang logika yag berpasangan untuk menjaga masing-masing bit data.SRAMmempunyai keuntungan, mempunyai proses yang lebih cepat dan mudah digunakan, memerlukan rangkaian pendukung eksternal yang sedikit, dan dengan komsumsi daya yang relatif rendah.Kelemahan SRAM adalah pada kapasitas memori SRAM sangat kecil dibandingkan DRAM, serta teknologinya jauh lebih mahal.Dengan kapasitas SRAM yang rendah, memerlukan lebih banyak chip untuk digunakan pada penerapan yang sama.


Pada rancangan PC modeern penggunaan SRAM hanya pada mesin yang membutuhkan kinerja yang sangat cepat seperti pada Chache Memory Prosesor.

DRAM menggunakan kapasitor sebagai komponen utamanya untuk mempertahankan data tiap-tiap bit.


Deretan kapasitor akan menjaga data hanya dalam waktu yang sangat pendek, selanjutnya data tersebut akan hilang sesuai dengan sifat kapasitor.

DRAM memerlukan penyegaran berlanjut, tiap-tiap penyegara tersebut sedikitnya seperseribu detik.Penyegaran ini di lakukan secara terus-menerus.Penyegaran tersebut memerlukan komponen pendukung tambahan yaitu komponen eksternal DRAM mempunyai kapasitas yang tinggi.


Nah itulah sedikit tulisan mengenai RAM pada komputer, dan untuk para pembaca jangan kuatir ya? Admin akan menulis lsemua tentang pembahasan Komputer.Dan artikel berikutnya adalah REad Only Memory atau ROM dan apa sih perbedaannya dengan RAM tentunya simak artikel berikutnya, terima kasih sudah berkunjung ....



TehnikComputer.com

adalah suatu wadah untuk mempermudah setiap orang yang ingin belejar mengenai hal-hal baru, berbagai pengetahuan dan bersosialisasi dengan teman- teman baru.Segala Materi Bebas Untuk Di Sebarluaskan, Selama Tetap Memperhatikan Sumber Aslinya Dan Tetap Memperhatikan Etika Penulisan.Selamat bergabung di TehnikComputer.com


Bagikan Artikel Ini: